Laman

Sabtu, 11 Mei 2013

Profil MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO TAHUN 2013











Alamat :  Jl. Khairil Anwar No. 278  Bondowoso
Telp./Fax. : 0332 - 421032,  web: www.manbondowoso.com Email: manbondowoso278@gmail.com










PROFIL MADRASAH ALIYAH NEGERI
 ( MAN ) BONDOWOSO    
TAHUN    2013



A. IDENTITAS MADRASAH
1. Nama Madrasah                                :  Madrasah Aliyah Negeri  Bondowoso
Nomor Telp/Fax.                                :  (0332) 421032
Alamat                                               :  Jl. Khairil Anwar No. 278 Badean Bondowoso
Kecamatan                                         :  Bondowoso
Kabupaten / Kota                               :  Bondowoso
Propoinsi                                           :  Jawa Timur          
Kode Pos                                          :  68214
Tahun Berdiri                                      :  1980
Program yang diselenggarakan           :  IPA – IPS – Keagamaan  
Waktu Belajar                                     :  06.30 – 13.30  WIB


2. Kepala Madrasah
   Nama                                     :  Drs. H. Imam Barmawi Burhan
NIP.                                       :  195308261979031001
Pendidikan Terakhir               :  S.1 IAIN. Fakultas Tarbiyah.
     

B.    VISI DAN MISI  MADRASAH :
1.     VISI
Unggul Dalam Prestasi,
Siap berkompetisi,
Berjiwa Islami “

Indikator Ketercapaian Visi
a.     Unggul Dalam Prestasi
1.     Prestasi akademik tinggi terutama dalam prestasi UNAS
2.     Prestasi non  akademik  memuaskan
3.     Seluruh warga Madrasah memiliki etos kerja yang tinggi
4.     Memiliki daya saing dalam memasuki madrasah dan perguruan tinggi yang favorit
5.     Prestasi olimpiade Matematika, IPA, KIR pada tingkat local, Nasional
b.    Siap berkompetisi
1.     Mampu bersaing di setiap kompetisi akademik.
2.     Mampu bersanding dan bertanding dengan lembaga setingkat.
3.     Terjalinnya hubungan silaturrahim dengan lembaga terkait.
4.     Memiliki daya saing dalam memasuki lapangan pekerjaan
5.   Memiliki daya saing dalam prestasi seni dan olahraga
c.     Berjiwa Islami
1. Meningkatnya penghayatan dan pengamalan ajara Islam.
2. Menjadikan  ajaran-ajaran dan nilai-nilai islam sebagai pandangan hidup, sikap hidup dan keterampilan hidup dalam kehidupan sehari-hari
3. Berakhlak mulia terhadap orang tua, guru, dan masyarakat.
4. Memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan
5.  Memiliki kemandirian, kemampuan beradaptasi dan survive di lingkungannya

2.     MISI
a.Melaksanakan Pendidikan, pembelajaran dan pelatihan secara efektif dan kreatif
b.Membangun budaya disiplin, kompetitif dan kebersamaan secara berimbang,
c. Menerapkan prinsip dan nilai-nilai Islam di dalam dan di luar Madrasah,
d.Mengembangkan potensi dan kreatifitas siswa dalam bidang olah raga dan seni,
e.Mengoptimalkan kompetensi warga Madrasah  dalam memberikan pelayanan   kepada siswa dan masyarakat.


C.TUJUAN : ( Tahun 2009-2013 )
Tujuan madrasah , sebagaimana uraian visi dan misi di atas dirumuskan dalam  tujuan madrasah jangka menengah dan jangka pendek sebagai berikut :
a.   Tahap I (tahun 2009-2011) Madrasah berusaha untuk mencapai tujuan :
1.     Terlibatnya seluruh komponen madrasah secara aktif dalam pengelolaan madrasah.
2.     Komputerisasi administrasi pendidikan dan tercapainya administrasi madrasah yang setandart.
3.     Pemberdayaan komite madrasah untuk pengembangan madrasah.
4.     Terciptanya lingkungan madrasah yang bersih, sehat, indah, rindang dan aman.
5.     Meningkatkan pengamalan S3Q  (Salam, Silaturrahim, Sholat Jama’ah, Qur’an) pada seluruh warga Madrasah.
6.     Meningkatkan pengalaman shalat berjamaah dhuhur di madrasah
7.     Mewujudkan tim olahraga dan tim kesenian yang mampu bersaing dengan lembaga sederajat.
8.     Meningkatkan jumlah lulusan yang diterima.  
9.     Meningkatkan kepedulian warga madrasah terhadap kesehatan, kebersihan dan keindahan lingkungan Madrasah.

b.     Tahap II (tahun 2011-2013) Madrasah berusaha untuk mencapai tujuan :
1)         Terciptanya kultur yang Islami dalam segala kegiatannya
2)         Menghasilkan mutu lulusan yang berdaya saing tinggi
3)         Mewujudkan tim olimpiade matematika, IPA, dan KIR yang mampu bersaing di tingkat nasional.
4)         Meningkatkan jumlah sarana/prasarana serta pemberdayaannya yang mendukung peningkatan prestasi akademik dan non akademik.
5)         Meningkatkan jumlah peserta didik yang menguasai bahasa Arab dan Inggris secara aktif.
6)         Mewujudkan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang diperhitungkan oleh masyarakat kota /kabupaten khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.
7)         Mewujudkan Madrasah sebagai madrasah rujukan.
8)       Diraihnya kejuaraan tingkat regional, dan nasional.
9)       Terbangunnya kepercayaan masyarakat terhadap madrasah.


D. SASARAN  :


1.         Mengangkat rata-rata NUN nilai kelas I dan II menjadi 7,0 dari rata-rata 6,7 saat ini.
2.         Meningkat kedisiplinan siswa hingga 98% dari saat ini  95  %.
3.         Juara Olimpiade matematika, fisika dan biologi ( MAFIBIG ) tingkat Kabupaten. Dan mengikutsertakan lomba KIR.
4.         Juara bidang seni dan olah raga  tingkat Kabupaten dan provinsi
5.         Meningkatkan intensitas pelaksanaan sholat berjamaah dan baca Al-qur’an di sekolah.
6.         Meningkatkan kualitas layanan pendidikan vokasional melalui program pendidikan kecakapan hidup ( Life Skill )
7.         Meningkatan jumlah media,  fasilitas dan sarana pendukukng pembelajaran.
8.         Mencanangkan “sekolah bersih, sehat dan disiplin”.


E.      KONDISI OBYEKTIF MADRASAH .


1.   Sejarah Singkat Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso

Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso berdiri pada tanggal 31 Mei 1980 berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor 17 Tahun 1978. Pada masa awal berdirinya, MAN Bondowoso belum memiliki gedung sendiri. Untuk kegiatan proses belajar mengajar  pada waktu itu menempati gedung MTsN Bondowoso II hingga akhirnya pada tahun 1987 mampu membangun gedung sendiri di atas tanah seluas 7.180 M2 yang terletak di jalan Khairil Anwar 278 Bondowoso.
Kelahiran MAN Bondowoso adalah semata-mata untuk  menjawab  kebutuhan masyarakat  akan keberadaan lembaga pendidikan  tingkat menengah atas  yang berabasis pada pendidikan keagamaan  sesuai dengan kultur masyarakat Bondowoso yang agamis dan mayoriras beragama Islam. Kondisi lain yang mendorong lahirnya  MAN adalah  realitas peta geografis dan sosiokultural masyarakat  Bondowoso sebagai masyarakat santri yang berada di daerah terpencil dengan taraf ekonomi  yang rendah dikelilingi  pegunungan menjadi realitas  yang menyulitkan masyarakat Bondowoso  melakukan kontak pendidikan dengan luar kota ketika itu. Sementara sebelumnya telah berdiri  MTsN Bondowoso II  dengan jumlah murid yang cukup besar  dan memerlukan lembaga pendidikan  lanjutan tingkat atas  yang berbasis pada pendidikan keislaman untuk menyalurksn para lulusannya.
Pada awalnya,   Madrasah ini adalah pendidikan Guru Agama Swasta yang dikelola oleh guru-guru pendidikan Guru Agama Negeri 4 tahun Bondowoso. Pada tahun 1978 dengan adanya resionalisasi Pendidikan Guru Agama, yaitu penghapusan pendidikan Guru Agama Swasta dan perubahan Pendidikan Guru Agama Negeri yang semula masa belajarnya selama 6 tahun ( 4 tahun + 2 tahun ) menjadi Pendidikan Guru Agama Negeri yang masa pendidikannya 3 tahun (tingkat SMTA), maka sejak itu Pendidikan Guru Agama Negeri 4 tahun Bondowoso berubah menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Bondowoso II dan Pendidikan Guru Agama Swastanya (kelas V dan VI) dirubah menjadi Madrasah Aliyah (Swasta) Bondowoso.
Madrasah Aliyah Bondowoso yang baru berdiri ini dikelola bersama oleh seksi Pendidikan Agama Islam Departemen Agama Kabupaten Bondowoso bersama Madrasah Tsanawiyah Negeri Bondowoso II. Adapun yang bertindak sebagai Kepala Madrasah ini sebelum penegrian berturut-turut :
a.         Drs. Moh. Syahrowi, Kasi Pendais – Depag Kabupaten Bondowoso
b.        Drs. M. Hilmi Bisri, Guru MTsN Bondowoso II
Pada tahun 1979, untuk maksud meningkatkan status Madrasah Aliyah Bondowoso yang masih swasta penuh ini, diusulkan menjadi Madrasah Aliyah Negeri Filial Jember di Bondowoso, karena tidak adanya Madrasah Aliyah Negeri di Bondowoso.
Pada tahun 1980, sebelum proses usulan Filial tersebut terealisasi, ternyata ada kebijaksanaan Departemen Agama untuk merelokasi Madrasah Negeri yang telah ada ke daerah lain yang dianggap mampu untuk mengembangkannya secara lebih baik. Selanjutnya setelah diadakan study kelayakan oleh Kabid. Binrua Islam Depag Propinsi Jawa Timur (Bapak Drs. H. Abdul Fatah), Madrasah Aliyah Bondowoso diproses untuk menjadi Madrasah Aliyah Negeri relokasi dari daerah lain.


Pada tahun 1981, secara resmi Madrasah Aliyah Bondowoso berubah status menjadi Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso, dengan adanya SK relokasi dari Madrasah Aliyah Negeri Rejosari Madiun. Pada tahun ini pula Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso mengikutkan para siswanya untuk ujian negara pertama kalinya, dengan dasar Kurikulum MAN 1976.
Pada awal penegerian Madrasah ini, belum ada satupun tenaga, baik tenaga guru maupun tenaga tata usaha yang statusnya sebagai pegawai negeri di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso, selain Kepala Madrasah (Bapak Drs. Adi Mulyono) yang menerima penugasan dari Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Timur. Hal ini terjadi karena tidak satupun tenaga tetap dari Madrasah Aliyah Negeri Rejosari Madiun yang mutasi ke Bondowoso. Untuk sementara waktu, segenap tenaga yang berkecimpung di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso yang baru lahir tersebut tetap tenaga lama atau tenaga-tenaga pinjaman dari Madrasah atau sekolah lain yang ada di Bondowoso.
Berkat pertolongan Allah, dengan usaha keras dan keuletan segenap warga Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso serta kebijaksanaan Departemen Agama, maka dalam perkembangannya Madrasah ini semakin sempurna dengan kelengkapan tenaga-tenaganya, baik guru-guru tetap maupun tata usaha tetap, disamping kebutuhan sarana prasarana pendidikan yang lain.
Sejak berdirinya, Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso untuk seluruh kegiatannya menumpang/meminjam pergedungan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Bondowoso II. Barulah sejak tahun anggaran 1985/1986 Madrasah ini menerima DIP untuk pembebasan 5000 m2 tanah dan pembangunan lokal belajar. Sehingga pada saat laporan ini ditulis, sedang dalam penyelesaian enam lokal ruang belajar berikut mebelairnya.
Pada tahun ajaran 1984/1985 Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso mendapatkan Filial yang terletak di Kabupaten Situbondo. Sehingga saat itu Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso merupakan Madrasah Aliyah induk yang membina Kelompok Kerja Madrasah (KKM) se wilayah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo.

Secara berturut-turut Kepala MAN Bondowoso sejak penegrian :
NO.
NAMA/NIP
TAHUN
1.
Drs. ADI MULJONO
150  035  266
1981 – 1989
2.
SUATMADJI, B.A.
150  011  566
1989 – 1992
3.
Drs. MOH. THOHIR MUCHTAR
150  154  071
1992 – 1995
4.
Drs. NURSALIM MUSA
150  034  994
1995 – 2001
5.
Drs. H. IMAM BARMAWI BURHAN
1953082619791001
2001 - Sekarang

Sebagai lembaga pendidikan  SLTA berciri khas Islam, maka sesuai SK Bersama  tiga menteri, MAN Bondowoso pada waktu itu membuka  3 program studi yaitu; 1) Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS),  2) Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)  3) Program Ilmu Agama. Selanjutnya berdasarkan kurikulum pendidikan tahun 1994, maka sejak tahun 1996, MAN Bondowoso membuka tiga program studi yaitu ; 1) Program IPA, 2) Program IPS, dan 3) Program Bahasa. Akan  tetapi sejak tahun 2001, peminat program Bahasa  berkurang  dan tidak memenuhi batas minimal maka sementara MAN tidak memiliki program Bahasa . Sekalipun demikian  MAN Tetap membuka kesempatan pemilihan jurusan untuk program Bahasa Tersebut.

2.   Letak Geografi Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso
Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso berlokasi di bagian barat kota Bondowoso. Tepatnya di jalan Khairil Anwar Nomor 278  ( Selatan Stadion Magenda )  Bondowoso, terletak dikelurahan Badean, Kecamatan Kota Bondowoso, Kabupaten Bondowoso Propinsi Jawa Timur. Letak Madrasah ini berdekatan dengan SMA Negeri 1 Bondowoso.


3.     Struktur Organisasi
Untuk mencapai tujuan bersama, yakni tujuan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso, maka didapati adanya susunan hubungan personalia dalam kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab serta kewajiban-kewajiban dan hak-hak sesuai dengan kedudukannya, dalam stuktur organisasi sebagai berikut :

            -  Kepala Sekolah                                  :  Drs. H. Imam Barmawi Burhan
            -  Waka Kurikulum                                 :  Mutmainnah, S.Pd
            -  Waka Kesiswaan                                :  Rudi Hermawan S.Pd.
            -  Waka Bidang Humas                          :  Ibrahim M.Pd.I
 -  Waka Sarana                         :  Drs. Tomi Djauhari, M.Pd       
-  Kepala Tata Usaha                             :  Muzayyin S.Pd.I

            Koordinator / Pembina Kegiatan  :
a.     Perpustakaan                                  :  Mahmudi, S.Ag.
b.    Laboratorium Biologi                       :  Rudi Hermawan, S.Pd.
c.     Laboratorium Kimia                         :  Tutuk Indah Nurmahmudah S.Pd.
d.    Laboratorium Fisika                         :  Yeti Widyawati S.Pd
e.     Laboratorium Bahasa                       :  Drs. Warai Efendi
f.     Lemdiklat  Komputer                       :  Dra. Endang Suharmiyati
g.    Jurnalistik, Publikasi dan Alumni      :  Drs. Nurhadi Idris MHI
h.     Pramuka dan PMR                          :  Triboyo Utomo S.Pd
i.      Tilawatil Qur’an                                :  Drs.  Fausi, Najmil Laili  S.Ag.
j.      Matrikulasi Quran & Pengb. S3Q      :  Ibrahim S.Ag
k.     Karya Ilmiyah Remaja ( KIR )            :  Matkur  S.Pd.I M.Si.
l.      Olah Raga                                       :  Iwan Setiawan S.Pd.
m.   Lemdiklat Tata Busana                     :  Drs. Tomi Djauhari S.Pd.
n.     Ta’mir Musholla                               :  Drs. Syaifurahman
o.    Security                                          :  Agus Nadi, Reza
p.    Kebersihan dan Taman                    :  Abdus Syukur
q.    Koperasi                                         :  Titin Sulistyowati S.Pd.
r.      BP/BK                                            :  Dra. Endang Suharmiyati
        
4.   Tanah yang dimiliki :









 
Luas Tanah Seluruhnya  :
                                                                                     1    7        4       6        0      M2

Tanah Menurut Sumber (m2)

Sumber Tanah
Status Kepemilikan
Sudah di gunakan (m2)
Belum di gunakan (m2)
Sudah Sertifikat
Dalam Proses Sertifikat

Pemerintah

17460 M2


15.000

2.460

Wakaf/Sumbangan
-
-
-
-

Pinjam/Sewa
-
-
-
-
 

F. KONDISI SISWA

1.     Tamatan ( 5 tahun terakhir ) hingga th  2012
    
Tahun Pelajaran
Tamatan
( % )
Rata-rata NEM
Siswa yang
Melanjutkan ( %)

Jumlah   
target
Jumlah   
target
Jumlah   
target

2007-2008
2008-2009
2009-2010
2010 – 2011
2011 – 2012
2012 – 2013


100
99
100
100
100
100

100
100
100
100
100
100

6.5
7,4
7,5
7.8
7.9
8.1

6,2
7,0
7.0
7.5
7.7
7.9

63
75
75
75
78

65
78
79
80
80


2.     Jumlah siswa ( 5 Tahun Terakhir )
No.
Tahun pelajaran
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
Jumlah

1
2
3
4
5

2008 – 2009
2009 - 2010
2010-2011
2011 – 2012
2012 – 2013

250
262
308
353
433

217
250
262
302
340

153
217
250
261
294


620
729
820
916
1067


3.     Input siswa baru 5 tahun terakhir untuk kelas X
No.
Tahun Pelajaran
Jumlah pendaftar
Rasio yang diterima
1
2
3
4
5

2007-2008
2008-2009
2009-2010
2010-2011
2011 – 2012
2012 - 2013

230
270
291
400
550


221
150
262
308
433

 


G.    KONDISI GURU


Ijazah Terakhir

Jumlah




GT


GTT

S.2
S.1
D.3
D.1 D.2 SLTA
5
35
-
-
-
8
-
-

Text Box: H. PRESTASI NON AKADEMIK / KEJUARAN LOMBA YANG DI RAIH 5 TAHUN TERAKHIR

31
Lomba Lari 100 Sprint Seleksi Porda Jatim
I
KABUPATEN
2009
32
Juara III Tunggal Putri Kejurda Bulu Tangkis
(Dyah Mutmainnah)
III
KABUPATEN
2009
33
Juara Lari Sprit 100 m Pospeda (Ghufron Nur Hamsah)
I
KABUPATEN
2009
34
Juara lari 1500 m Pospeda (FujI)
I
KABUPATEN
2009


35
Bulu tangkis Tunggal Putri Pospeda
I
KABUPATEN
2009
36
Bulu tangkis tunggal Putra
I
KABUPATEN
2009
37
Tolak peluru Pospeda
I
KABUPATEN
2009
38
Olimpiade aswaja STAI AT-Taqwa (Fahmi)
I
KABUPATEN
2009
39
Olimpiade Olimpiade aswaja STAI AT-Taqwa (Hairul anwar)
III
KABUPATEN
2009
40
Olimpiade aswaja STAI AT-Taqwa (Junaidi)
Harapan I
KABUPATEN
2009
41
Fahmil Qur’an MTQ Kab Bondowoso
Harapan 1
KABUPATEN
2009
42
Porseni MAN Se Jawa Timur  Dongeng Cerita Islami
I
JATIM
2009
43
Porseni MAN Se Jawa Timur Lari 1500 m Putra
II
JATIM
2009
44
Porseni MAN Se Jawa Timur Desain Majalah
III
JATIM
2009
45
Porseni MAN Se Jawa Timur Lari 1500 m Putri
Harapan I
JATIM
2009
46
Porseni MAN Se Jawa Timur KIR Bidang Sosial
Harapan I
JATIM
2009
47
Lomba Teatre Best Of The Best
Terbaik
KABUPATEN
2009
48
Kejurkab Sepak Bola Raka Cup
IV
KABUPATEN
2009
49
Karya Ilmiah Remaja (KIR) Tingakat SMA/MA
I
KABUPATEN
2009
50
Kejurkab Bulu Tangkis Tunggal Putra
III
KABUPATEN
2010
51
Kejurkab Bulu Tangkis Tunggal Putri
III
KABUPATEN
2010
52
Mushabaqoh Kisah Nabi Dan Sahabat Dzikro Maulid
Nabi Muhammad SAW Remaja Masjid At-Taqwa Tingkat SMA/MA
I
KABUPATEN
2010
53
Karya Ilmiah Remaja (KIR) Tingakat SMA/MA
I
KABUPATEN
2010
54
Pidato Bahasa Inggris Putri Yima Festifal 2010 Tingkat SMA / MA
I
KABUPATEN
2010
55
Pidato Bahasa Inggris Putra Yima Festifal 2010 Tingkat SMA / MA
II
KABUPATEN
2010
56
Pidato Bahasa Inggris Putri Yima Festifal 2010 Tingkat SMA / MA
III
KABUPATEN
2010
57
Pra Popda Atletik Jatim Sprint 3000 m Putera
I
KABUPATEN
2010
58
Pra Popda Atletik Jatim Sprint 3000 m Putera
II
KABUPATEN
2010
59
Pra Popda Atletik Jatim Sprint 1500 m Putera
II
KABUPATEN
2010
60
Pra Popda Atletik Jatim Sprint 1500 m Puteri
II
KABUPATEN
2010
61
Pra Popda Atletik Jatim Sprint 800 m Putera
III
KABUPATEN
2010
62
Pra Popda Atletik Jatim Sprint 800 m Puteri
II
KABUPATEN
2010
63
Pra Popda Atletik Jatim Sprint 800 m Puteri
III
KABUPATEN
2010
64
Atletik Jatim Sprint 1500 putra
I
Se Karisidenan
besuki 
2010
65
Atletik Jatim Sprint 1500 putri
III
Se Karisidenan
besuki 
2010
66
Atletik Jatim Sprint 3000 putra
III
Se Karisidenan
besuki 
2010
67
Olimpiade Fisika
IV
KABUPATEN
2010
68
Atletik Lari Sprint 1500 putra PORKAB
I
KABUPATEN
2010
69
Atletik Lari Sprint 800 putra PORKAB
I
KABUPATEN
2010
70
Atletik lari Sprint 3000 m Putera PORKAB
III
KABUPATEN
2010
71
Bulu Tangkis Tunggal Putri PORKAB
II
KABUPATEN
2010
72
Best of the best lomba teater perjuangan
I
  KABUPATEN
2010
73
 Aktris terbaik pestival teater perjuangan (Siti Aisyah)
I
 KABUPATEN
2010
74
 Pawai ta’aruf marhaban ya Romadlon 1431 H
I
 KABUPATEN
2010
75
 Tenis meja putera
I
 KABUPATEN
2010
76
 Sepak bola Raka Cup Tingkat SMA/MA
IV
 KABUPATEN
2010
77
 Lomba Karikatur Pemilih Pemula KPU Jatim
Harapan IV
  PROPINSI
2010
78
Pestifal Dolanan Tempoe Doloe 2010
I
KABUPATEN
2010
79
 Musabaqoh Fahmil Qur’an (dalam rangka MTQ)
II
KABUPATEN
2011
80
Musabaqoh tilawatil Qur’an tingkat remaja (dalam rangka MTQ)
II
KABUPATEN
2011
81
Musabaqoh tilawatil Qur’an tingkat remaja (dalam rangka MTQ)
III
KABUPATEN
2011
82
Kompetisi sepak bola Bupati Cup I
I
KABUPATEN
2011
83
Kaligrafi puteri Porseni MAN Tingkat Jawa Timur
 di Jember
II
PROPINSI
2011
84
Catur putera Porseni MAN Tingkat Jawa Timur
 di Jember
III
PROPINSI
2011
85
 Pawai ta’aruf marhaban ya Romadlon 1432 H
I
 KABUPATEN
2011
86
Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LSS) Tingkat SMA/SMK/MA Se Bondowoso
I
KABUPATEN
2011
87
Lomba UKS Tingkat SMA/SMK/MA Se Bondowoso
I
KABUPATEN
2011
88
Kejuaraan Futsal KPUD Cup tingkat SMA/SMK/MA
Se Bondowoso
I
KABUPATEN
2011
89
Lomba Sekolah Berkarakter Tingkat SMA/SMK/MA
Se Bondowoso
I
KABUPATEN
2011
90
Kejuaraan Futsal Rektor Cup Universitas Bondowoso
Antar SMA/SMK/MA se Bondowoso
I
KABUPATEN
2011
91
Liga Pelajar Indonesia Jawa Timur
IV
Propinsi
2012
92
 Lomba  Lingkingan Sekolah Sehat
II
Propinsi
2012








I.- SARANA PRASARANA

No.
Jenis Bangunan
Jml
Luas (m2)
Permanen

Baik
Rusak Berat
Rusak Ringan

1.
Ruang Kelas
25
792
25
-
2

2.
Ruang Kamad
1
32
1
-
-

4
Ruangf Waka
1
48
1
-
-

5
Ruang Guru
2
72
2
-
-

6.
Ruang Tata Usaha
1
64
1
-
-

7
Perpustakaan
2
100
2
-
-









8.
Laboratorium







Al-Qur’an
-
-
-
-
-


Komputer
1
40
1
-
-


Fisika
1
151
1
-
-


Kimia
-
-
-
-
-


Biologi
1
72
1
-
-


Bahasa
2
128
1
-
-

9.
Ruang Keterampilan
1
72
1
-
-









10.
Ruang BP/BK
1
32
1
-
-

11.
Ruang UKS
2
70
2
-
-

12
Ruang Aula
1
135
1
-
-

13.
Masjid/Mushalla
2
442
2
-
-

14.
Kantin
4

4
-
-


J . POTENSI LAIN MADRASAH.

  1. Lingkungan sekolah yang tenang dan Bersih.
  2. Komunakasi yang harmonis di antara warga Madrasah.
  3. Guru yang memenuhi syarat professional  dengan kesarjanaan. S.1/S2 sesuai  bidangnya.
  4. Dukungan Masyarakat dan lingkungan sekitar terhadap keberadaan MAN Bondowoso.
  5. Kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah dan stake holder.

K .   BEBERAPA HAL YANG MENONJOL
       Beberapa kegiatan dan hal –hal penting yang menonjol dan merupakan peningkatan prestasi MAN Bondowoso dari tahun-tahun sebelumnya , antara lain :
A> Pembangunan Fisik
  1. Musholla “ Raudlah “ sebagai Laboratorium Keagamaan dan pusat kegiatan Kegamaan yang terus dikembangkan yang dapat menampung 1000 jamaah
  2. Pembangunan  2 lokal baru LAB IPA dan Perpustakaan disamping beberapa LAB yang sudah ada sehingga nantinya MAN akan dilengkapi dengan 2 LAB IPA ( masing-masing untuk putra dan putri ) dan 2 Perpustakaan ( masing-masing untuk putra dan putri ).
  3. Seluruh kelas dengan Multi Mudia ( LCD Proyektor Permanen + Sound System )
  4. Pengadaan Majalah dinding di setiap ruang kelas disamping dua majalah dinding sekolah
  5. Penerbitan Majalah MAN Bondowoso “ AL- Mashalih “ sebagai media komunikasi dan kreatifitas warga Madrasah dan Alumni .
  6. Lapangan olah raga multi guna diantaranya untuk bulu tangkis, volley, Futsal, dan basket ball.
  7. Lingkungan yang terus menerus ditingkatkan keindahannya sehingga menciptakan situasi yang nyaman dan kondusif untuk belajar.
B> Pembangunan Non Fisik.
  1. Kegiatan olah raga yang pada beberapa waktu akhir-akhir ini banyak manggondol juara tingkat kabupaten Bondowoso.
  2. Kerja sama dengan Disnaker  untuk penyelenggarakan kursus-kursus ketrampilan Busana dan Komputer.
  3. Kegiatan keagamaan sebagai kegiatan yang diharapkan membentuk kultur siswa  antara lain : 
Ø  Tadarrus Al-Qur’an rutin
Ø  Shalat Dhuha berjamaah
Ø  Sholat Dzuhur berjamaah
Ø  Matrikulasi baca tulis Al-Qur’an
Ø  Matrikulasi pembelajaran Bahasa Asing
Ø  Pesantren ramadlan
4.     Sistim pembelajaran dengan menerapkan  Single Sex Class  , yaitu pembagian kelas berdasarkan jenis kelamin, untuk saat ini dikembangkan single Sex Area
5.     Pelaksanaan hari-hari besar Islam yang pelaksanakan dilakukan  oleh masing-masing kelas secara meriah.
6.     Mulai tahun ajaran 2007/2008 MAN Bondowoso telah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau (KTSP).
7.     PKL-A ( Keagamaan ) dan PKL-K ( Komputer )
8.     Pengembangan kultur S3Q ( Salam, Silaturrahim, Sholat, Jamaah dan Al-Quran ) dan IDB     ( Infaq, Disiplin, dan Bersih )

L .  PERMASALAHAN PENTING .
            Beberapa permasalahan penting yang dihadapi MAN Bondowoso saat ini antara lain kebutuhan :  
1.     Finansial yang perlu ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan sarana prasarana madrasah, untuk operasional kegiatan, serta untuk peningkatan kualitas dan prafesionalisme tenaga yang ada.
2.     Tenaga yang ada perlu penambahan dari segi jumlah maupun kualifikasi keahlian mereka, terutama untuk pembina kegiatan, tenaga Laborat dan pustakawan.
3.     LAB Komputer yang represantatif dan LAB Multimedia.
4.     Penambahan 8 lokal ruang kelas baru untuk memenuhi standar Nasional Pendidikan.

Bondowoso,      Januari  2012
Kepala  MAN Bondowoso



Drs. H. IMAM BARMAWI BURHAN
NIP. 195308261979031001


Lampiran :

Analisa Prediksi
Keadaan Fasilitas dan Sarana Ruang Pembelajaran                      
   MAN Bondowoso Tahun 2011-2012

NO.
JENIS RUANG
KEBUTUHAN
YANG ADA
KEKURANGAN
YANG
RUSAK
1.
Ruang kelas
29
21
8
0
2.
Ruang Kamad
1
1
0
0
3.
Ruang Guru
2
2
0
0
4.
Ruang Tata Usaha
1
1
0
0
5.
Perpustakaan
2
2
0
0
6.
Laboratorium :



0

Komputer
2
1
1
0

Fisika
1
1
0
0

Kimia
1
0
1
0

Biologi
2
1
1
0

Bahasa
2
2
0
1
7.
Ruang Keterampilan
1
1
0
0
8.
Ruang BP/BK
1
0
1
0
9.
Ruang UKS
2
1
1
0
10.
Ruang Aula
2
1
1
0
11.
Musholla
2
2
0
0
12.
Kantin/Koperasi
3
3
0
0
13.
Kamar kecil
12
14
0
0
14.
Ruang OR/Senam
1
0
1
0
0




Bondowoso,      Januari 2012
Kepala  MAN Bondowoso



Drs. H. IMAM BARMAWI BURHAN
NIP. 195308261979031001


Tidak ada komentar:

Posting Komentar